proportional valve untuk industri plastic packaging

Proportional valve (PV) adalah sebuah sistem valve yang berfungsi untuk mencampur beberapa media kedalam 1 wadah (hopper) dengan tujuan agar porsi media yang dicampurkan dapat masuk dalam takaran yang diinginkan.
proportional valve (PV) ini bisa terdiri dari beberapa media campuan, kali ini PV difungsikan untuk mencampurkan 2 buah material, yaitu material virgin (PP) atau material premier dan material regrind atau sekunder dalam proses produksi mesin extruder untuk memproduksi plastik cup untuk produksi air minum dalam kemasan.
Dengan tujuan tertentu, porsi dari kedua material tersebut dibuat berdasarkan persentase, sebagai contoh, misalnya material virgin 70% dan regrind 30%, sehingga untuk mengatur pencampuran tersebut bisa dibuat dengan menggunakan sistem timer menjadi 7detik virgin dan 3 detik regrind.
saran saya persentase tersebut dirubah menjadi satuan detik yang sama, seperti contoh diatas, 70% menjadi 7 detik, misak 60% menjadi 6 detik, dst.

Adapun sistem kerja dari proportional valve ini terus bekerja secara kontinue sampai wadah (hopper) penampung sudah penuh. dan akan menyala kembali ketika level sensor memerintahkan vacum  untuk feeder berhenti bekerja.

Dalam hal ini saya diminta salah satu perusahaan air minum yang juga memproduksi cup(gelas) plastik untuk keperluan mereka sendiri untuk membuatkan sistem yang sama, dikarenakan harga yang dijual dipasaran sangatlah wow.. wow.. wow..
mungkin bisa sebesar penghasilan saya beberapa bulan, padahal sistemnya cukup sederhana.
setelah saya melakukan survey utuk melihat mesin yang akan disupport dan juga telah memahami cara kerjanya, mulailah kami bekerja, saya mengerjakan sistem kelistrikannya dan wildan mempersiapkan sistem pneumatic dan mekanisnya.
meskipun dengan sistem konvensional (wiring kontrol) ternyata pabrik AMDK tersebut merasa puas dengan hasil kerja kami, karena fungsi dari PV yang kami buat mampu memuaskan mereka.


Comments

Popular posts from this blog

Instalasi kWH meter 3 phase

phase failure relay

Dasar Pneumatic